Tips dan Cara Sehat Bekerja di Depan Komputer

Halo kakak-kakak semua! Saya buka lagi nih lembaran artikel baru. Hehehe.. Kali ini saya membuat artikel mengenai Tips Sehat di Depan Komputer. Maksud Tips Sehat di Depan Komputer adalah Tips Sehat di Depan Layar Monitor. Bukan cuman mantengin komputer biar sehat. Wkwkwk! Kan banyak nih, kakak-kakak yang mungkin kurang menerapkan Tips Sehat di Depan Komputer dari berbagai referensi yang bisa didapat di Google. Tapi mungkin juga ada kakak-kakak yang sudah tahu mengenai Tips Sehat di Depan Komputer ini. Malah mungkin saja, Tips Sehat di Depan Komputer yang kakak-kakak ketahui lebih lengkap dari artikel ini. Yaah, inilah pentingnya sharing yah kakak :)
Okay, tanpa basa-basi lagi, silahkan membaca artikel mengenai Tips Sehat di Depan Komputer versi saya :D

Tips dan Cara Sehat Bekerja di Depan Komputer

Tidak sedikit dari populasi dunia ini yang bekerja di depan layar monitor komputer. Mulai dari mengetik surat, membuat dokumen, hingga melakukan pekerjaan berat seperti programming dan juga bermain game online dengan jangka waktu yang sangat lama. Sehingga, mungkin tidak sedikit orang yang kurang menerapkan (atau bahkan tidak menerapkan sama sekali) Tips Sehat di Depan Komputer. Mungkin juga ada beberapa orang yang kurang tahu mengenai bahaya yang dapat ditimbulkan karena kurangnya menerapkan Tips Sehat di Depan Komputer. Berikut ini, saya akan share mengenai beberapa Tips Sehat di Depan Komputer :

Jangan Terlalu Lama Berada di Depan Layar Monitor


Jangan Terlalu Lama Berada di Depan Layar Monitor

Tips Sehat di Depan Komputer yang pertama ini sangat sederhana untuk diterapkan. Tetapi, hal inilah yang sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Mengapa? Karena orang yang sudah memiliki ketergantungan akan aktivitasnya di depan komputer (seperti facebook-an), akan sangat malas/enggan beranjak dari depan layar monitor. Hal inilah yang berbahaya bagi kesehatan mata. Untuk itu, luangkanlah waktu minimal 10-15 menit tiap 2-3 jam untuk tidak terus-menerus berada di depan layar monitor. Kemudian, anda dapat menerapkan beberapa langkah berikut agar anda tetap fit meskipun berada di depan layar monitor anda:

Lakukanlah stretching. Hal ini penting dilakukan agar syaraf-syaraf mata ataupun tubuh yang lainnya tidak tegang.
Melihat tumbuh-tumbuhan yang hijau agar mata kembali segar.
Membasuh wajah dengan air agar wajah tidak panas akibat sinar radiasi dan UV (Ultra-Violet) yang ditimbulkan oleh layar monitor komputer.
Lakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan kecil di sekitar ruangan.
Perhatikan waktu anda agar tidak terlalu lama berada di depan layar monitor.
Bagi yang beragama Islam, agar selalu melaksanakan sholat ketika sudah tiba waktunya :)
Sebisa mungkin HINDARI begadang terus-menerus bila tidak ada keperluan yang penting.

Makan-Makanan yang Sehat


Makan-Makanan yang Sehat

Tips Sehat di Depan Komputer selanjutnya ini adalah hal yang sangat penting. Karena aktivitas di depan layar monitor yang menguras tenaga dan konsentrasi secara terus-menerus selama berjam-jam yang bisa membuat kita lupa untuk makan dan minum. Kemudian, banyak juga orang yang suka ngemil dengan makanan ringan yang kurang sehat.ataupun makan makanan cepat saji/instan . Berikut yang harus anda perhatikan:

Bila anda suka ngemil, usahakan anda mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan alami seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu, ataupun jus sehat (utamakan jus wortel) tanpa pemanis buatan.
Hindari makan-makanan cepat saji atau instan seperti mi instan ataupun fast food/junk food.
Selalu minum air agar anda tidak mengalami dehidrasi dan mata kering.

Posisi di Depan Layar Monitor


Posisi di Depan Layar Monitor

Tips Sehat di Depan Komputer selanjutnya yaitu mengenai posisi anda ketika berada di depan layar monitor. Beragam posisi bisa anda terapkan agar anda merasa nyaman untuk beraktivitas di depan layar monitor seperti duduk bersila dengan memangku laptop anda di atas paha secara langsung dan mungkin di depan layar monitor dengan posisi tenkurap. Beberapa hal yang harus anda perhatikan:

Usahakan agar jarak wajah dengan layar monitor ideal dan nyaman. Tidak terlalu jauh, dan tidak terlalu dekat. Beri jarak kira-kira 30 Cm antara wajah dengan layar monitor.
Bila dalam kondisi duduk dengan kursi, usahakan posisi badan tegap, posisi tangan kira-kira membentuk 90°, kaki lurus ke depan atau ke bawah.
Bila dalam kondisi duduk tanpa kursi, posisi badan dan tangan sama dengan posisi duduk dengan kursi. Tetapi, usahakan kaki lurus (selonjor) ke depan agar kaki tidak mudah kesemutan dan aliran darah lancar.
Usahakan posisi badan agar selalu rileks.

Jaga Kebersihan


Jaga Kebersihan

Tips Sehat di Depan Komputer selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan. Kenapa? Tentu saja agar kita bisa merasa nyaman beraktifitas di depan layar monitor dan agar terhindar dari berbagai penyakit. Berikut hal yang harus diperhatikan:

Jaga kebersihan di sekitar tempat anda beraktifitas di depan layar monitor.
Bersihkan debu dan kotoran pada monitor agar mata tidak cepat lelah karena debu yang berada di layar monitor yang membuat tampilan monitor menjadi kusam dan buram.

Menggunakan Alat Bantu


Menggunakan Alat Bantu

Tips Sehat di Depan Komputer terakhir adalah gunakan beberapa alat bantu ketika beraktifitas di depan layar monitor. Alat bantu seperti berikut:

Filter Anti Radiasi, merupakan alat yang dapat menyaring agar radiasi dari layar monitor (terutama monitor jenis CRT) tidak langsung mengenai wajah penggunanya.
Kacamata Anti UV (Ultra Violet), merupakan kacamata yang memantulkan sinar UV dari layar monitor sehingga mata tidak silau dan mengurangi kerusakan mata. Mengapa tidak menggunakan kacamata anti-radiasi? Kacamata anti-radiasi yang asli merupakan kacamata yang sangat mahal harganya. Dengan dilapisi timah hitam yang benar-benar menghalau radiasi yang berasal dari layar monitor atau Sinar-X pada bidang kedokteran. Sehingga, kacamata yang dijual di pasaran hanya mampu untuk menghalau sinar UV saja.

Jadi, kesimpulan yang dapat diambil pada Tips Sehat di Depan Komputer adalah:

  • Selalu bergerak dan istirahat
  • Penuhi nutrisi tubuh
  • Posisi antara user dengan komputer
  • Stay clean and fresh! (Tetap bersih dan segar!)
  • Gunakan alat penunjang

Itu dia Tips Sehat di Depan Komputer versi saya. Mohon maaf atas semua kekurangan yang ada pada artikel mengenai Tips Sehat di Depan Komputer dan blog ini. Bila kakak-kakak memiliki Tips Sehat di Depan Komputer yang lebih komplit dan berbobot, silahkan di share disini! Share is Great!~
Terima Kasih! :D

Posting Komentar

© Wanverse. All rights reserved. Developed by Jago Desain